Friday 26 February 2016

Mengatasi Error Pada Localhost di PhpMyAdmin

Assalamualaikum,!
Pada Kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai "Tutorial Mengatasi Error Pada Localhost di Phpmyadmin". phpMyAdmin sendiri ialah sebuah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaringan luas (World Wide Web).
Pada masalah ini, saya mendapatkan masalah error pada PhpMyAdmin saya. Biasanya setelah kita melakukan Installasi Phpmyadmin beserta kawan-kawannya. Kemudian pada saat kita masuk ke PhpMyAdmin ada sedikit error akan muncul seperti:
  1. #1045 Cannot log in to the MySQL server
  2. Connection for controluser as defined in your configuration failed
  3. The mcrypt extension is missing. Please check your PHP configuration
Langsung saja nihhhh...
Langkah-langkahnya untuk mengatasinya :

1. Untuk masalah pada nomor 1 (satu), Menurut saya itu disebabkan karena terdapat permasalahan pada Log in (Password). Penyelesaian nya lebih baik kita ganti Password, dalam mengganti Password sudah saya posting di postingan sebelumnya atau Klik Disini.

2. Untuk masalah pada nomor 2(dua), Menurut saya disebabkan karena pada saat kita melakukan Instalasi PhpMyAdmin beserta kawan-kawannya terdapat Erorr. Penyelesainnya lebih baik kita remove atau purge PhpMyAdmin beserta kawan-kawannya lalu kita lakukan Instalasi ulang, dengan cara ketikkan perintah berikut :
  • apt-get purge phpmyadmin 
  • apt-get purge mysql-server
  • apt-get purge mysql-client
  • apt-get purge mysql-server-5.5
  • apt-get purge mysql-server-core-5.5
  • apt-get install mysq
  • apt-get install mysql-server
  • mysql_secure_installation
  • apt-get install phpmyadmin
Setelah itu kita buka PhpMyAdmin.

3. Untuk masalah pada nomor 3(tiga), Menurut saya disebabkan karena terdapat masalah pada mcrypt. Penyelesainnya dengan cara ketikkan perintah berikut :
  • php5enmod mcrypt
  • service apache2 restart
Nah, SElesai...
SEmoga bermanfaat...Mohon maaf jika ada kesalahan...
GOOD LUCK.... .

1 comment:

  1. Thank Tutorial Mengatasi Error Pada Localhost di Phpmyadminnya.
    semoga saya bisa menanganinya setelah liat artikel ini
    jangan lupa kunjungi website saya : http://elsasutina.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya :http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete