Saturday 26 March 2016

Langkah-langkah Konfigurasi DHCP Server

Hi,! Kali ini saya akan melanjutkan Materi Server Tentang Langkah-langkah Konfigurasi DHCP Server.
     DHCP (Dynamic Configuration Protocol) merupakan layanan secara otomatis memberikan IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

 Langkah-langkah Konfigurasi :
1. Hal pertama yang dilakukan adalah Lakukan Install DHCP Server, dengan cara ketikkan perintah "apt-get install isc-dhcp-server" > Enter.

 Apabila muncul konfirmasi kita ketikkan y > enter.

2. Kita edit file dhcpd.conf di direktori /etc/dhcp, dengan cara ketikkan perintah "nano /etc/dhcp/dhcpd.conf" > Enter, Maka akan muncul tampilan baru.
Kemudian kita ubah, seperti dibawah ini :
 Simpan (CTRL+X+Y)

3. Setelah itu kita edit file isc-dhcp-server pada direktori, dengan cara ketikkan perintah "nano /etc/default/isc-dhcp-server" > Enter, maka akan muncul tampilan baru. Kita ubah tampilan seperti gambar dibawah. pada INTERFACES="", kita tambahkan eth0 di dalam petik, sehingga menjadi INTERFACES="eth0" seperti gambar dibawah ini.
 Simpan (CTRL+X+Y)

4. Langkah selanjutnya kita restart isc-dhcp-server, dengan cara ketikkan perintah "/etc/init.d/isc-dhcp-server restart" > Enter.

Selesai.....Semoga bermanfaat...
GOOD LUCK...

2 comments: