Wednesday 30 March 2016

Menginstall Webmin pada Debian Server

Pada hari ini saya akan membagikan sedikit mengenai Langkah-langkah Instalasi Webmin pada Debian Server.


     Webmin
itu sendiri merupakan perantara konfigurasi (antarmuka) terhadap aplikasi-aplikasi yang ada pada sistem, maka administrasi sistem dapat dilakukan jika aplikasi yang diperlukan sudah terinstall. Webmin hanyalah antarmuka yang tujuannya mempermudah administrasi terhadap sistem. Webmin ditulis dalam bahasa Perl oleh Jamie Cameron.

Langkah-langkah Konfigurasi : 
1. Terlebih dahulu kita Download Webmin di website resminya yaitu http://www.webmin.com/download.html.

 Kita pilih daftar OS yang sesuai dengan Server kita, karena disini Server saya memakai OS Debian Server. Saya pilih Debian.

3. Copy file webmin yang telah di download ke Server, dengan cara ketikkan perintah berikut lalu Enter :
scp (Tempat_File_Berada) (user_server)@(nama_komputer_server):(tempat_file_yang_akan dicopy)
Misal : " scp /home/mustofa99/Downloads/webmin_1.791_all.deb debianwe@debianwe.com:/home/debianwe/ " > Enter lalu masukkan Password, seperti gambar berikut :
4. Kita kembali ke ssh Server. Untuk melihat apakah File sudah dicopy atau belum, kita lihat direktori server dengan cara ketikkan perintah " ls "> Enter.

5. Sekarang langkah penginstallan nya ketikkan perintah berikut terlebih dahulu untuk menginstall componen yang dibutuhkan oleh file webmin, dengan cara ketikkan perintah lalu enter :
apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python

6. Langkah berikutnya install webmin, karena webmin kita berbentuk .deb maka kita menginstall file .deb, dengan cara ketikkan perintah berikut lalu enter :
dpkg -i (file_webmin).deb
  Misal : " dpkg -i webmin_1.791_all.deb " > Enter, Tunggu proses maka akan muncul gambar seperti berikut :

7. Setelah itu buka Browser, ketikkan di url : https://(IP/DNS server):10000. Misal : https://debianwe.com:10000/,  jika muncul tampilan seperti berikut, pilih Advanced.

  Kemudian pilih Add Exception.

8. Pilih Confirm Security Exception.

9. Setelah itu akan muncul tampilan baru, Masukkan Username = root dan password = sama seperti password pada server kita.

12. Jika berhasil maka, kita akan masuk ke Webmin di browser, seperti gambar berikut :

Selesai.....Semoga bermanfaat...
GOOD LUCK....

0 comments:

Post a Comment