Tuesday 1 March 2016

Penjelasan Packet Header dan MAC Address

Pada kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai "Penjelasan Packet Header dan MAC Address". Apa sih yang dimaksud dengan Packet Header dan MAC Address.?

Packet Header
 
    Packet header ialah sebuah data yang berisi data-data yang berfungsi sebagai media transmision saat kita mau mengirim sebuah file/berkas yang nantinya akan diolah di packet header tersebut. Misal proses pengiriman paket di kantor pos, pengiriman paket mulai dari tangan pengirim sampai ke tangan penerima. Nah pasti dalam pengiriman data terdapat sebuah proses.

Berikut gambar proses Packet Header :


MAC Address

     MAC Address (Media Access Control Address) ialah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet. MAC address merupakan sebuah alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.
Berikut gambar MAC Address :


Nah, itu lah Penjelasan mengenai Packet Header dan MAC Address...
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment