Wednesday 23 March 2016

Pengenalan CMS beserta Macam-macamnya

Hi.! Pada kali ini saya akan memposting tentang CMS beserta Macam-macamnya, Apa sih yang dimaksud dengan CMS itu.?
Pengertian
    CMS (Content Management System) ialah sebuah software web yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengelolaan (edit, upload, menambahkan, dan sebagainya) yang berfungsi untuk memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web beserta konten dalam sebuah blog/website/aplikasi web. CMS merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan guna untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien dan efektif.

Pada mumnya, sebuah CMS terdiri dari dua elemen antara lain :
  • Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
  • Aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)
 Macam-macam nya

1. CMS Wordpress
    Merupakan sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog (blogger). Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer (pengguna) yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online juga dalam pembuatan blog/aplikasi. WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mysql. Karena CMS Wordpress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas.
2. CMS Joomla
    CMS Joomla juga banyak dalam penggunaannya. Joomla pertama kali di rilis dengan versi 1.0 pada 17 September 2005 sampai sekarang sudah versi 3.2 . Setiap versi Joomla yang baru adalah merupakan versi penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya, dengan interface dan fitur-fitur yang ditambahkan. Mayoritas CMS Joomla digunakan dalam pemembuatan sebuah website. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS Wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS Wordpress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS Wordpress.
3. CMS Drupal
   Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla, tapi cukup mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita. Terdapat beberapa kelebihan dari Drupal dari CMS yang lain yaitu File size-nya yang ringan hanya 1 M dan 3,3M saat di extract, Instalasi yang mudah serta dukungan database selain MySQL. CMS ini cocok untuk situs-situs portal berita.
4. Aura CMS
    Ini merupakan salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini. CMS ini Di luncurkan pada tahun 2003, CMS mulai dari versi 1.0 kemudian dikembangkan sampa versi 1.6 pada tahun 2005.
5. CMS Opencart
     CMS OpenCart ialah CMS khusus dalam pemembuatan sebuah Toko Online. Sama dengan prestashop, CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. Beda dengan CMS-CMS diatas. Kekurangan CMS Opencart adalah dari sisi SEO, tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini bisa dibilang mudah.
6. CMS Prestashop
CMS Prestashop juga sama dengan CMS Opencart, kedua CMS ini sama-sama dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. CMS PrestaShop adalah salah satu CMS Opensource yang dapat didownload secara gratis.
7. CMS Moodle
Mungkin ada sudah pernah mendengar dan ada yang belum. Yaps, CMS ini memang agak asing, karena umumnya yang memakai CMS ini adalah sebuah instansi sekolah. CMS  yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll.
    Sebenarnya masih banyak CMS-CMS lain selain terdapat di atas, namun saya hanya dapat menjelaskan beberapa CMS yang paling sering digunakan orang.

Cukup sekian dan mohon maaf jika terdapat kesalahan...Semoga bermanfaat....
GOOD LUCK

1 comment:

  1. Dengan pemahaman yang jelas tentang kekurangan website CMS yang mungkin muncul, pengguna dapat membuat keputusan yang terinformasi dan mengelola website berbasis CMS mereka dengan lebih efektif.

    Dengan memahami fungsi-fungsi website berbasis CMS, pemilik website dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk mencapai tujuan mereka dalam dunia digital yang terus berkembang.

    Entitas dapat menikmati berbagai manfaat website berbasis CMS, mulai dari kemudahan pengelolaan konten hingga peningkatan keamanan. Keputusan untuk menggunakan CMS bukan hanya investasi dalam keberlanjutan teknologi, tetapi juga strategi untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja online.

    ReplyDelete