Thursday 4 February 2016

Langkah-langkah Konfigurasi Database Server || Mariadb dan PhpMyAdmin

Assalamualaikum, sobat,! Kali ini saya akan membahas mengenai "Langkah-langkah Konfigurasi Database Server"

Apa itu Database Server?
      Database server ialah program komputer yang menyediakan layanan data lainnya ke komputer atau program komputer, seperti yang ditetapkan oleh model klien-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database. Database sistem manajemen database yang sering menyediakan fungsi server, dan beberapa DBMSs (misalnya, MySQL) secara eksklusif bergantung pada model klien-server untuk akses data. 
      Database > atau sering pula di eja basis data, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.Istilah “basis data” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas,memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer.Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema.

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkah nya : 
1. Pertama, Buka Terminal. Terlebih dahulu kita harus masuk sebagai Root(super user), langkah-langkah masuk Root sudah saya jelaskan di postingan Sebelumnya. silahkan buka postingan saya sebelumnya.

2. Setelah itu kita Install aplikasi database terlebih dahulu. Disini kita akan menggunakan Mariadb sebagai database. Ketikkan Perintah "apt-get install mariadb-server" > Enter. Apabila ada pertanyaan Do you want to continue kita klik Y lalu Enter.
3. Dalam proses instalasi, akan muncul tampilan seperti berikut. Bagian ini kita diminta untuk membuat password, ketikkan password untuk mariaDB. Klik Tab > OK > Enter.
4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut. ketikkan ulang password yang tadi. Klik Tab > OK > Enter.
5. Lalu kita ketikkan perintah "mysql_secure_installation" > Enter. Apabila ada pertanyaan Do you want to continue kita klik Y lalu Enter.
 Kemudian akan ada tampilan seperti berikut. Kita masukkan password Mariadb yang telah kita buat.
 Setelah itu kita ketikkan Y > Enter.
6. Lalu akan ada tampilan seperti berikut. Kita masukkan password. agar tidak Lupa, lebih baik kita berikan password yang sama pada MariaDB > Enter. maka akan muncul tampilan seperti berikut. Konfirmasi ulang passwor.


7. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut. Ketikkan Y > Enter. (ketikkan Y terus hingga selesai).




7. Langkah berikutnya menginstall PhpMyAdmin. ketikkan perintah "apt-get install phpmyadmin", akan muncul pertanyaan konfirmasi. ketikkan Y > Enter. 
8. Dalam Proses instalasi, akan muncul tampilan seperti berikut. checklist apache2 dengan cara select apache2 kemudian tekan spasi. Setelah itu klik Tab > OK > Enter.
9. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. kita pilih yes > Enter.
10. Setelah itu kita diminta untuk mengetikkan password database yaitu Mariadb. Isikan password yang tadi kita buat.
11. Lalu akan muncul tampilan seperti berikut. disini kita akan diminta untuk mengetikkan password untuk PhpMyAdmin. isikan sesuai keinginan (saya isikan, Password sama seperti Mariadb agar tidak bingung/lupa).
12. Konfirmasi ulang Password anda. berikkan password yang telah dibuat tadi > Ok > Enter.
13. Setelah proses Instalasi selesai, buka browser dan ketikkan [IPserver]/phpmyadmin. Misal IP saya 172.17.11.2, maka di url browser saya ketikkan >  172.17.11.2/phpmyadmin > Enter. Maka akan muncul tampilan seperti berikut. Kemudian kita ketikkan username sebagai root dan password diisi sesuai password yang telah kita berikan tadi, lalu Enter.
14. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut :


Cukup sekian dan terima kasih....mudah kan..
SElamat mencoba...GOOD LUCK

1 comment:

  1. Apakah harus menginstal dns sever dan apache terlebih dahulu?

    ReplyDelete