Thursday 11 February 2016

Management Proyek di Bidang IT dan Pendidikan

Hai, semuanya! Kali ini saya akan memposting tentang "Management Proyek di Bidang IT dan Pendidikan" yaitu POAC. POAC merupakan teori perencanaan management oleh George R Terry dengan kepanjangan dari Planning, Organiting, Actuating dan Controlling. Prinsip Manajemen POAC ini sangat banyak sekali digunakan oleh organisasi kecil maupun besar yang bertujan untuk lebih mengembangkan dan mengelola organisasi mereka.

 Berikut ini adalah penjelasan mengenai POAC.

1.  Planning
      Planning adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja dalam sebuah organisasi. Dalam perencanaan, Terdapat beberapa faktor dalam Planning yang patut untuk dipertimbangkan, antara lain : Specific,
Measurable, Achievable, Realistic, dan Time.

2.  Organizing
     Pengorganisasian ( Organizing ) adalah fungsi kedua dalam Manajemen. Organizing adalah proses kegiatan dalam menyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber dan lingkungannya. Dengan demikian, hasil dari pengorganisasian itu berupa struktur organisasi.


3. Actuating
     Actuating ( Pelaksanaan ) adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua perencanaan dan tujuan perusahaan bisa terwujud dengan baik dan seperti yang diharapkan. Jadi, pelaksanaan merupakan suatu upaya yang menggerakkan orang-orang untuk mau bekerja dengan sendirinya dan dengan kesadaran yang besar demi mengabulkan seluruh cita-cita perusahaan dengan dan secara efektif.
Perencanaan dan pengorganisasian akan berjalan kurang baik jika tidak disertai dengan pelaksanaan.

4.  Controlling
    Pengawasan ( Controlling ) adalah proses pengamatan, penentuan standar yang akan diwujudkan, menilai kinerja pelaksanaan, dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan semaksimal mngkin dalam mencapai tujuan perusahaan.

Contoh sederhannya:
Jika anda ingin pergi dari rumah ke pasar untuk berbelanja :

  1. Planning: Buat daftar item yang ingin dibeli,banyaknya dan waktu sampai di pasar.  
  2. Organizing: Siapkan tas, belanjaan, uang, transportasi (motor, sepeda, atau angkutan umum).
  3. Actuating: keluar rumah, naik sepeda/naik angkutan umum dari depan gang/cek kondisi motor anda pastikan uang terbawa dan tas. Belanjakan uang anda sesuai daftar belanjaan, perhatikan waktu berbelanja anda. 
  4. Controlling: cek kelengkapan belanjaan, sisa uang untuk pulang, sepeda/motor anda, sampai dirumah tepat waktu dsb.
Cukup sekian....Dan terima kasih..
Semoga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment