Wednesday 3 February 2016

Tutorial Konfigurasi Web Server dengan Apache2 dan PHP5

Hai, semuanya! Kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan mengenai "Konfigurasi Web Server dengan Apache2 dan PHP5"
Apa itu Web Server ? 
       Web Server dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu sepertiperamban web.
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. Paket yang harus di install dalam pembuatan web server adalah apache2, php5,dan links.
       Apache
adalah Web Server yang paling umum digunakan di sistem Linux. Web server digunakan untuk menampilkan halaman web yang diminta oleh komputer klien. Klien biasanya meminta dan melihat halaman web menggunakan aplikasi Web Browser. Apache Web Server sering digunakan dalam kombinasi dengan mesin database MySQL, bahasa scripting PHP, Python dan Perl. Konfigurasi ini disebut LAMP (Linux, Apache, MySQL dan Perl / Python / PHP) dan membentuk platform yang kuat dan kokoh untuk pengembangan dan penyebaran aplikasi berbasis Web.  
        Pengguna memasukkan Uniform Resource Locator (URL) untuk menunjuk ke server web dengan cara mengetikan Fully Qualified Domain Name nya (FQDN). Protokol yang paling umum digunakan untuk mentransfer halaman Web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).  Selain itu, protokol lain seperti Hyper Text Transfer Protocol over Secure Sockets Layer  (HTTPS), dan File Transfer Protocol (FTP) juga didukung.

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkahnya :
1. Buka Terminal. Terlebih dahulu kita masuk sebagai Root(super user), langkah-langkah masuk Root sudah saya jelaskan di postingan Sebelumnya. silahkan buka postingan saya sebelumnya.

2. Setelah kita masuk sebagai Root. kita akan menginstall Apache, dengan cara ketikkan perintah "apt-get install apache2" > Enter. Apabila ada pertanyaan Do you want to continue kita klik Y lalu Enter.
3. Jika proses instalasi selesai, kita buka Browse kita. ketikkan pada url dengan alamat ip server kita. Misal ip saya :  172.17.11.2 lalu Enter. jika berhasil, maka akan tampil seperti berikut:
4. Kita akan menginstall PHP. Dengan cara ketikkan perintah "apt-get install php5" > Enter. Apabila ada pertanyaan konfirmasi Do you want to continue kita klik Y lalu Enter.
5. Kita install aplikasi php5 yang lain juga. Dengan cara ketikkan perintah "apt-get install php5 php5-mysql php-pear php5-gd php5-mcrypt php5-curl php5-intl php5-xmlrpc php5-json" > Enter. Apabila ada pertanyaan konfirmasi Do you want to continue kita klik Y lalu Enter.
6. Setelah itu kita ketikkan perintah "nano /var/www/html/test.php" > Enter.
7. Kemudian akan muncul sebuah tampilan kosong. kita isikan script php seperti gambarberikut :
 Jika sudah diisi, lalu kita save(simpan). Dengan cara klik CTRL+X lalu tekan tombol Y > Enter.

8. Langkah terakhir, kita buka Browser lagi lalu isikan pada url dengan ip server kita ditambah slash(/) script php yang kita buat tadi. jadi url : 172.17.11.2/test.php > Enter. Akan muncul tampilan seperti berikut:


Akhirnya selesai,,,cukup mudahkan
Selamat mencoba...GOOD LUCK

0 comments:

Post a Comment