Monday 1 February 2016

Pengenalan SSH dan Tutorial Meremote PC server menggunakan SSH

Hai, semuanya,! Di postingan ku selanjutnya. Saya akan berbagi sedikit mengenai Langkah-langkah Meremote PC server menggunakan SSH, cukup mudah koq. Sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu SSH?Kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan apa itu SSH.
Pengertian SSH
      SSH (Secure Shell) ialah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.
       Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows. Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.

Jadi kesimpulannya, SSH adalah protocol yang digunakan untuk melapisi pengiriman data seperti HTTP, FTP dan SMTP sehingga koneksi kita menjadi aman dan juga untuk bisa mengakses situs – situs yang menggunakan protocol SSL  dapat menggunakan protocol SSH ini, seperti halnya SSL dalam GAppProxy, seperti itu konsep kerjanya.

Fungsi SSH
      SSH berfungsi dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagainetwork admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Fungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, TELNET dan protokol rsh.
Fungsi lain SSH:
1.Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim
2.Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan
3.Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.
4.Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
Sudah paham kan, Apa itu SSH? Jika belum. pahamilah dulu, sebelum kita melangkah ke tutorialnya. 

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkahnya :
1. Pertama, Buka Terminal. kita masuk ke Super User dengan cara ketik kan "su" > Enter.
2. Setelah itu, untuk Meremote PC server menggunakan SSH kita ketikkan "ssh namauser@IPkomputerserver" misalnya disini saya memiliki server yang memiliki nama mustofa dan memiliki IP 172.17.11.2 maka di terminal kita tuliskan ssh mustofa@172.17.11.2 > Enter. maka akan tampil tampilan seperti ini. Ketkkan Yes > Enter.
3. Lalu akan diminta untuk memasukkan password. kita isikan password sesuai dengan password saat kita menginstall Debian server setelah itu Enter.
4. Kemudian saya telah berhasil masuk ke server. tandanya pada nama Komputer saya yang tadinya mustofa99-X453MA menjadi mustofa. Selesai, kita sudah masuk ke dalam Server kita.

Cukup sekian mengenai artikel saya...semoga bermanfaat..
Selamat mencoba...Good luck

0 comments:

Post a Comment