Thursday 11 February 2016

Penjelasan Telnet dan Langkah-langkah Konfigurasi Telnet

Hai, sobat! Gimana kabarnya.? Kali ini saya akan membahas mengenai "Penjelasan Telnet dan Tutorial Konfigurasi Telnet". Kalian tau Telnet ngga? YUk kita simak bersama-sama.
Apa itu Telnet.?
    Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. 

     Telnet juga didefinisikan untuk melakukan login ke komputer lain yang ada di jaringan internet dan dapat melakukan akses pada pelayanan umum, termasuk pada berbagai macam database. Penggunanya dapat duduk saja di depan komputer yang terhubung ke jaringan internet. Dengan kata lain dapat terkoneksi ke komputer lain dalam satu gedung, satu ruangan atau bahkan pada komputer di seluruh penjuru dunia. Setelah terhubung atau terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard dapat secara langsung mengontrol ke remote komputer tadi, dapat diakses pelayanan apa saja yang telah disediakan oleh remote machine dan hasilnya akan ditampilkan pada terminal lokal. Dengan menggunakan Telnet, pengguna dapat mengakses berbagai layanan misalnya seperti melihat katalog perpustakaan dan masih banyak lagi layanan yang lainnya.

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkahnya:

1. Pertama, Buka Terminal. Terlebih dahulu kita harus masuk sebagai Root(super user), langkah-langkah masuk Root sudah saya jelaskan di postingan Sebelumnya. silahkan buka postingan saya sebelumnya.

2. Jika sudah masuk ke Root. Kemudian kita lakukan Install Telnet dengan ketikkan perintah "apt-get install telnetd" > Enter.

  Apabila ada peringatan Do you want to continue, ketikkan Y > Enter.
lalu kita Tunggu proses hingga selesai.

3. Langkah berikutnya, Untuk mencoba menggunakannya, kita ketikkan telnet [ipserveranda], misal milik saya : telnet 172.17.11.2, Jadi saya ketikkan perintah "telnet 172.17.11.2" > Enter. Selanjutnya kita akan diminta Login, masukkan username dan password lalu Enter.
Nah, sekarang Telnet siap digunakan....

Selamat mencoba......

0 comments:

Post a Comment