Friday 19 February 2016

Langkah-langkah Scan Frekuensi Wireless melalui Terminal

Hai, Sobat! Kali ini saya akan membahas mengenai "Langkah-langkah Scan Frekuensi Wireless melalui Terminal". Gambar di bawah ini adalah macam-macam channel beserta frekuensi yang dapat digunakan untuk wireless.
      Pada saat kita ingin membuat Hotspot(Wifi), terlebih dahulu Kita harus memilih channel yang benar dengan cara melalui Scan frekuensi yang ada disekitar kita. Scan frekuensi ini berguna agar koneksi Hotspot kita nanti pada saat digunakan tidak lambat, pastinya kita tidak ingin hotspot kita nanti koneksinya menjadi lambat(lemot) dan terjadi tabrakan antar frekuensi wireless yang sudah terpakai di area tersebut, maka kita tidak boleh memilih frekuensi yang sudah digunakan. Misalnya frekuensi sudah digunakan semua, kita harus pilih frekuensi yang sudah digunakan tetapi yang masih sedikit digunakan. Berikut cara melakukan scan frekuensi melalui terminal di linux.

Langsung saja nihhh...
Langkah-langkahnya :
1. Pertama, Buka terminal. KIta masuk sebagai Root(super user). Dengan cara ketikkan perintah "su" atau "sudo su" > Enter. Lalu masukkan Password.
2. Kemudian kita lakukan Scan Frekuensi Wireless di Terminal. Dengan cara ketikkan perintah "iwlist wlan0 scan | grep Frequency" > Enter.

 Maka akan muncul tampilan Scan daftar Frekuensi Wireless yang ada di sekitar kita.

Nah, sekarang sudah kita sudah mengetahui Channel atau Frekuensi Wireless di sekitar kita. Kemudian, kita tinggal pilih frekuensi yang tidak digunakan atau masih sedikit yang menggunakannya... Semoga bermanfaat....
SElamat mencoba....GOOD LUCK....

0 comments:

Post a Comment