Saturday 13 February 2016

Penjelasan mengenai Repository di Linux mint

Hai, Sobat! Kali ini saya akan memposting tentang "Penjelasan mengenai Repository di Linux mint". Kalian tau Apa itu Repository.? Pengertian Repository ini mungin sudah gak asing lagi di telinga-telinga para Linuxer.
Nah, mungkin bagi anda yang belum mengerti tentang Pengertian Repository, akan saya bahas pada artikel ini.
Apa itu Repository ?

      Repository ialah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi (red : Linux) yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini adalah paket-paket khusus untuk sebuah sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapatkan kinerja lebih baik dari sebuah sistem operasi. Repository ini sendiri biasa disingkat dengan Repo. Repository juga menjadi tempat penyimpanan ratusan aplikasi  / program di dalam Sistem Operasi Linux.

Misalnya Pada Repository Ubuntu, biasanya itu terdiri atas 4 komponen antara lain :
  • Main yaitu software yang didukung secara resmi.
  • Restricted yaitu software yang didukung, namun tidak berada dalam lisense dengan penuh.
  • Universe yaitu software yang dikelola oleh komunitas-komunitas ubuntu.
  • Multiverse yaitu software yang tidak gratis.

Intinya repository merupakan tempat berkumpulnya software yang dapat di download di Internet untuk dipergunakan secara pribadi. Tidak hanya didapat dari internet, kita juga dapat mengaksesnya dengan menggunakan alternatif repository lewat semisal CD/DVD.
Cukup sekian dan Terima kasih...
Semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment