Tuesday 2 February 2016

Langkah-langkah yang harus dilakukan setelah Instalasi Debian server

Hai, semuanya! Kali ini saya akan memposting mengenai "Langkah-langkah yang harus dilakukan setelah Instalasi Debian server"

Langsung saja nihhh..
Langkah-langkahnya :

1. Pertama, kita masuk Terminal. karena disini kita akan melakukan update yaitu melakukan update komputer server, maka kita masuk menggunakan SSH untuk meremote Komputer Server. Pengenalan SSH dan Tutorial nya bisa dilihat di postingan saya sebelumnya. Klik Disini

2. Apabila kalian belum membuat SSH, Terlebih dahulu harus membuat jika sudah, (Terminal jangan di close). dan jika terminal sudah di close kita harus Masuk sebagai Root(super user). Dengan langkah-langkah :
  • ketikkan perintah "su" > Enter. masukkan password > Enter.
  • lalu kita ketikkan "ssh namauser@IPkomputerserver" misalnya disini saya memiliki server "ssh mustofa@172.17.11.2" > Enter. Masukkan password > Enter.
  • Kemudian kita ketik "su" kembali > Enter. masukkan Password > Enter.
Nah, sekarang kita sudah masuk ke sebagai Root.

3. Jika sudah masuk sebagai Root. Selanjutnya kita masuk ke Interfaces dengan ketikkan "nano /etc/network/interfaces" > Enter.

Maka akan tampil Tampilan default seperti berikut :

Sekarang kita Ubah, cari kata "allow-hotplug eth0" ganti dengan "auto eth0". Kemudian bagian paling bawah kita tambahkan "dns-nameservers 8.8.8.8 8.8.4.4" Seperti tampilan berikut :
4. Kita save(simpan). Dengan cara klik CTRL+X ,Lalu klik tombol Y > Enter.

5. Kemudian restart file innterfaces nya. Dengan cara ketikkan "/etc/init.d/networking restart" > Enter.
Jika tampilan seperti diatas, maka kita berhasil.

6. Setelah itu masuk ke file sources.list untuk menambahkan repositori. Dengan cara masukkan perintah "nano /etc/apt/sources.list" > Enter.

Setelah Kita masuk, berikan tanda # di depan kalimat yang masih berwarna-warni. setelah diberi #, teks akan menjadi biru(sama dengan yang lain). kemudian bagian paling bawah, kita  tambahkan repositori online :
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie  main contrib non-free deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free



Jika sudah selesai. kita save(simpan) Dengan cara klik CTRL+X ,Lalu klik tombol Y > Enter.

7. Kemudian kita Melakukan Update, dengan cara ketikkan perintah "apt-get update" > Enter. Apabila berhasil tampilan akan menjadi berikut :


Cukup sekian.....semoga bermanfaat...
Selamat mencoba...GOOD LUCK..

0 comments:

Post a Comment