Friday 5 February 2016

Penjelasan Backup Data dan Langkah-langkah Membackup Data pada Proxmox

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit mengenai "Tutorial Membackup Data pada Proxmox" Sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu Backup data ?
Apa itu Backup data.?
      Secara umum, Back Up data ialah membuat salinan dari file-file penting Anda. Ini perlu dilakukan untuk menjamin “kelangsungan hidup” data Anda, semacam “asuransi” seandainya sampai terjadi kerusakan media penyimpan data,  juga berarti memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows, driver, atau software/program tertentu.

Tujuan nya  adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Karena fungsinya, proses backup mengharuskan pengguna menggandakan data, yang akhirnya menghabiskan kapasitas media penyimpanan. Ini mendorong ditemukannya teknologi-teknologi untuk mengefesienkan penyimpanan data backup, misalnya deduplikasi dan kompresi. juga membuat salinan dari file-file penting Anda. Ini perlu dilakukan untuk menjamin “kelangsungan hidup” data Anda, semacam “asuransi” seandainya sampai terjadi kerusakan media penyimpan data.

Langsung saja nih...
Langkah-langkah nya :
1. Masuk ke PROXMOX, klik Data Center pilih menu Storage lalu klik Add pilih Directory.
2. Setelah itu akan muncul tampilan baru lalu kita akan diminta untuk mengisi. ID kita isi backup. directori di isi /var/backup. Content saya  pilih semua pilihan. Nodes saya pilih proxmox. checklist enable. dan checklist share (pada share boleh di checklist boleh tidak ). Max Backup saya isi 2. Lalu klik Add.
3. Lalu kita cek tanda berhasil, storage yang tadi kita buat akan muncul pada tampilan daftar.

4. Kemudian kita kembali ke menu Proxmox, klik(pilih) VM yang sudah kita buat klik Backup > Backup Now.
5. Langkah berikutnya setelah di klik Backup now, akan muncul tampilan baru kita isikan sesuai kebutuhan. Bagian storage kita pilih yang kita buat tadi, bagian Mode pilih snapshot, bagian Compression pilih GZIP (good). Lalu klik Backup.
6. Jika sudah, sekarang kita tunggu proses hingga selesai. apabila Berhasil maka akhir proses akan bertuliskan TASK OK.

Jika sudah berhasil, sekarang kita Close

7. Setelah di close, tanda telah berhasil, file yang telah kita backup telah muncul di daftar.




Cukup mudah kan...Selamat mencoba..."Back up data anda, sebelum Hilang"hehe
GOOD LUCK.....

0 comments:

Post a Comment