Thursday 21 January 2016

Langkah-langkah Bongkar pasang Server(PC)

Hai, semuanya.......Di hari ini tanggal 21 januari 2016, saya dan rekan-rekan saya, setelah sampai nya di BLC Telkom kami melakukan bongkar pasang server(PC) bersama yang lainnya.
 Tahapan-tahapan yang harus kita lakukan :
  • Persiapan
  • Pembongkaran
  • perakitan
  • pengujian
PERSIAPAN
Sebelum kita membongkar, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan alat-alatnya(obeng, kuas dan sebagainya) dan menghafalkan tata letak komponen-komponen yang ada di dalamnya agar nanti pada saat merakit tidak mengalami kesalahan dalam pemasangan.
 PEMBONGKARAN

1. Terlebih dahulu buka casing CPU/ Server, kemudian melepaskan atau mencopot kabel (satu-persatu) yang tertancap pada Mobo(motherboard).


   Lepaskan/copot semua kabel yang tertancap pada motherboard(copot dengan hati-hati)
2. Setelah itu copot/lepaskan Harddisk yang menempel pada CPU/Server.
3. Kemudian ,lepaskan/copot CD/DVD Room, karena di CPU/Server kami tidak ada(sudah dilepas/dicopot) maka kami langsung ke Power supply lepaskan dengan obeng.
4. Jika sudah, lalu lepaskan MotherBoard yang menempel di CPU
 dengan obeng.
5. Keluarkan Motherboard dari dalam CPU, lalu lepas/copot kartu Memory(RAM)
6. Apabila semua komponen di dalam CPU/Server sudah dilepaskan(dikeluarkan). maka Sebelum kita merakitnya kembali terlebih dahulu harus di bersihkan dari debu-debu yang menempel.
Bersihkan semua komponen-komponen yang terkena debu menggunakan kuas hingga bersih. Jika perlu tambahkan jel pendingin pada processor. khusus untuk RAM, kita bersihkan menggunakan penghapus pensil. apabila semua sudah selesai. kemudian tahap perakitan.

PERAKITAN

>Perakitan kita lakukan seperti Pembongkaran tadi, kita akan pasang Komponen-komponen itu kembali ke Tempatnya. pertama kita pasang PowerSupply kemudian pasang Harddisk. pasang RAM dan Heatsink ke Motherboard pastikan memasangkan dengan benar. kemudian pasang Motherboard. (pasang dengan hati-hati).
> Setelah itu pasang kembali kabel-kabel ke tempat semula. biasanya terdapat petunjuk pada motherboard sehingga pemasangan kabel tidak begitu rumit/susah. tetapi jika kurang teliti, kerusakan hardware bisa saja terjadi.
PENGUJIAN

Sebelum kita gunakan, terlebih dahulu kita cek komponen apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum? Dengan cara menghubungkan KABEL POWER(power supply) dengan arus listrik. Jika Fan/kipas pada Power Supply menyala, maka PowerSupply dalam keadaan hidup, kemudian kita tekan tombol power pada pada CPU/Server. jika Fan/heatsink berputar/menyala maka komponen sudah menyala. kemudian jika terdengar suara Beep satu kali pendek, berarti komponen dalam keadaan normal atau baik. jadi jika berbunyi lebih dari satu kali atau satu kali panjang, maka terdapat kesalahan pada sebuah komponen.
CUKUP SEKIAN....Mohon maaf jika ada kesalahan.....
Selamat Mencoba ............GOOD LUCK..

1 comment:

  1. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:



    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -POsko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
    Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.



    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081977000899

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAH SAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGAN DARURAT RUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL

    ReplyDelete