Thursday 28 January 2016

Membuat VM (virtual machine) di PROXMOX

Hai, semuanya! Kali ini saya akan memposting tentang Langkah-langkah membuat VM (virtual machine) di PROXMOX, sebelum itu kalian harus membuat VLAN id. 
Kalian bisa lihat di postingan saya sebelumnya atau klik disini> http://mustofarobi.blogspot.co.id/2016/01/tutorial-membuat-vlan-id.html
kemudian jika sudah membuat VLAN id, kemudian saya akan menjelaskan sedikit mengenai VM terlebih dahulu. Saya kutip dari wikipedia virtual machine atau biasa disebut VM adalah sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli seperti yang diungkapkan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974. Dewasanya Virtual Machine merupakan software yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual. Jadi anda tidak perlu menambah hardware apapun disini, cukup dengan simulasi saja. 
        VM akan membuat kumpulan perangkat virtual mulai dari BIOS, Harddisk, memory dan lain-lain sehingga anda bisa menjalankan berbagai macam OS dari sana. Namun OS harus dijadikan disc "virtual" (ISO) terlebih dahulu supaya bisa diinstall di VM. Jadi gampangnya virtual machine adalah sebuah perangkat virtual yang akan memvirtualisasi hardware secara lengkap seperti sistem aslinya. VMware berfungsi untuk menjalankan sistem operasi. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat banyak x86-64 komputer virtual dan digunakan secara simultan dengan sistem operasi yang digunakan . VMware mampu menjalankan lebih sari satu sistem operasi .

        Dalam Virtual machine mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest Os. Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine. Dengan virtual machine sobat bisa menginstall banyak OS didalam OS bawaan Laptop / komputer sobat. Virtual machine biasa saya manfaatkan untuk uji coba OS sehingga tanpa takut terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan hardware selain itu juga untuk memanage banyak akun - akun penting yang mengharuskan mempunyai lebih dari 1 pc, karena setiap OS yang diinstall pada virtual machine memiliki MAC Addres yang berbeda.

Langsung saja nihhh.....
Langkah-langkahnya : 
1. Buka PROXMOX. (langkah membukanya sama seperti kita mengupload iso di proxmox).
 2. Kemudian klik "Create VM" (Di pojok kanan atas).
 3. Jika sudah di klik, akan muncul seperti gambar dibawah ini :
 Ubah :

  •   Node   : isi nama proxmox anda
  •   VM ID : isi dengan Vlan ID anda
  •   Name  : isi nama anda pada saat pembuatan Vlan id
     Kemudian Next
4. Setelah itu akan tampil menu pilihan OS, bagian ini akan diminta untuk memilih Sistem Operasi yang akan diinstall. Jika anda meggunakan SO Linux, pilih Linux 4.X/3.X/2.6 Kernel (I26) => Next.
 5. Kemudian akan muncul menu CD/DVD. bagian ini anda akan diminta untuk memilih media boot. (karena saya sudah mengupload file ISO Debian) maka saya pilih Use CD/DVD Image file (iso) => Iso image pilih file Debian yang telah di Upload. klik Next.
6. Pada menu ini kita akan menentukan besar harddisk, di menu disk size sesuaikan dengan harddisk anda masing-masing => next.
7. Di bagian ini kalian klik Next saja.
8. Bagian RAM, sesuaikan dengan RAM PC anda => Next.
9. Isi Vlan Tag ISO dengan Vlan ID anda=> Next.
10. Lalu akan muncul tampilan konfirmasi. Periksa apakah ada yang terlewat. jika sudah, klik Finish.
11. Selesai.


Nah, selesai....cukup mudahkan...Selanjutnya kita melakukan instalasi dan menjalankannya. untuk tutorial menginstall Debian Server, tunggu postingan berikutnya.
Selamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment