Thursday 21 January 2016

Instalasi Proxmox di PC

Assalamualaikum wr. wb.
Sebelumnya kita kan sudah membahas mengenai Materi pembelajaran tentang Proxmox. Sebelum kita melangkah ke Materi instalasi Proxmox terlebih dahulu kita harus mempelajari materi tentang Promox di blog saya sebelumnya atau klik disini> mustofarobi.blogspot.co.id/2016/01/hai.html.
     Jika kalian sudah mempelajari, langsung saja nihhh....
Sebelum installasi dimulai, terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi Spesifikasi Komputer, menurut saya:
  • intel core i3
  • Minimal RAM 2GB
  • Harddisk(HDD) minimal 20 Gb
  • Proxmox hanya disediakan untuk mesin 64 bit sehingga tidak bisa berjalan pada mesin 32 bit
  • NIC
Persiapan :
  1. Download terlebih dahulu installer Proxmox melalui situs resminya.
  2. Setelah terdownload, silahkan burn ISO tersebut ke dalam CD/DVD atau juga bisa ke dalam flashdisk(USB).
Langkah-langkahnya : 
1.  Masuklah ke pengaturan BIOS untuk melakukan Booting. Jika sudah masuk ke pengaturan silahkan setting pengaturan seperti dibawah ini, jika sudah di setting kemudian di simpan.
  • Waktu : ubah waktu dan tanggal di menu System.
  • Virtualization Technologi : Setting di menu BIOS System. cari Virtualization Technologi> Klik> Pilih Enable.
  • Power Auto On : Pilih menu Power Management. Cari AC Back> Klik> Pilih Always On.
  • Media Boot : Pada menu Save & Exit. Pilih Media bootable yang akan digunakan. kemudian kita Save & Exit / tekan tombol f10. setelah itu akan ada tampilan untuk pilihan bootable. pilih bootablenya.
2. Setelah itu akan muncul tampilan awal Proxmox, kita pilih Install proxmox VM.

3. Tunggu loading hingga selesai.
4. Setelah itu akan muncul halaman persetujuan untuk menginstall Proxmox. pilih "I Agree" pada bagian lisensi. Proxmox ini bisa digunakan secara bebas atau free.
5. Tentukan harddisk untuk virtual. Proxmox akan secara otomatis membuat partisi sesuai keperluan. Partisi terbesar akan digunakan untuk menyimpan image virtual . Kalau harddisk hanya 1, Proxmox akan secara otomatis memilihnya.

6. Kemudian mengatur Location and Time Selection. disini diminta untuk menentukan Country = Indonesia, Time Zone = Asia/Jakarta, Keyboard Layout = U.S. English. Lalu klik Next.
7. Kita akan diminta memilih password untuk administrator dan e-mail address yang akan digunakan untuk kontak. Isikan password sesuai keinginan dan terjaga keamanan. isikan E-mail anda yang sudah dibuat.
8. kemudian setting Network Configuration. isikan hostname, misalnya proxmox.smksakti.sch.id . Ip Address isikan sesuai alamat IP pada Router. untuk yang lain, kita sesuaikan dengan mikrotik yang kita setting.
9. Kemudian tunggu loading Installasi proxmox hingga komputer meminta reboot. reboot komputer kemudian lepaskan/ cabutmedia bootable. 
10. Setelah komputer menyala kembali, akan muncul tampilan.
  Nah, itulah Langkah-langkah Installasi Proxmox di PC sobat.!!SEmoga Bermanfaat bagi semuanya...Mohon maaf jika terdapat kesalahan..

Selamat mencoba...GOOD LUCK

0 comments:

Post a Comment