Wednesday 20 January 2016

Membuat Hotspot menggunakan konfigurasi Router Mikrotik

Hai, sobat! di postingan ku kali ini akan membahas mengenai Hotspot.
Di kehidupan sehari-hari Kebanyakan orang menyebut jika terdapat suatu akses internet yang di sebarkan via wireless di public area (cafe,mall,sekolah ,dsb) itu adalah layanan Hotspot, Sedangkan sebenarnya Hotspot di Router Mikrotik adalah sebuah system untuk memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan. Jadi untuk bisa akses ke jaringan, client diharuskan memasukkan username dan password pada login page yang disediakan.

Sebelumnya kita harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Tutorial untuk menghubungkan ke internet menggunakan Router Mikrotik sudah saya posting di postingan sebelumnya...klik disini> mustofarobi.blogspot.co.id/2016/01/konfigurasi-mikrotik-menggunakan-sumber.html.

Tutorialnya/langkah-langkahnya :1. Pertama, Setting Router Mikrotik sambungkan ke internet menggunakan sumber internet.

2. Jika sudah di setting lalu, kita tambahkan Hotspot. Dengan cara pilih menu wirelles> klik 2 kali pada wlan1> wireless> mode = ap bridge, band = 2GHz-B/G/N, Frequency = pilih yang belum banyak digunakan/sedikit yang menggunakan dan lebih kecil lebih baik, SSID = (terserah), tetapi saya disini mengisi dengan MikrotikKITA. Lalu apply> Ok.
3. Setelah itu tambahkan IP Address untuk wlan1. Dengan cara klik IP> Address> klik ikon “+” > isikan Address = 10.10.10.3/24, Interface = wlan1, bagian Network boleh diisi langsung(jika diisi langsung, isikan 10.10.10.0) atau dikosongkan, (jika dikosongkan nanti pada saat di apply secara otomatis akan terisi secara otomatis). Lalu Apply> Ok.
4. Kemudian kita diharuskan untuk menyiapkan Hotspot. Dengan cara klik IP> Hotspot.
5. Lalu klik Hotspot setup, maka akan muncul sebuah tampilan baru maka setting/atur lalu next seperti langkah-langkah seperti berikut :
Untuk DNS Name kita Gunakan untuk Login ke Wifi yang kita buat. DNS tersebut menggantikan IP saat masuk ke Wifi. Karena disitu saya isi login.wifi, maka kita hanya perlu mengetikkan login.wifi pada URL di browser.

   Jika sudah lalu kita klik next, maka akan muncul tampilan baru kita diharuskan mengisi Name=admin dan Password(terserah)> Next, seperti berikut :
 
   Setting Router Mikrotik akhirnya selesai kemudian kita Uji, aktifkan wifi lalu cari hotspot yang telah kita buat tadi..
  Nah, sudah ada kan......kemudian kita Login masuk web browser> lalu ketik kan DNS name tadi yang telah kita buat...lalu enter...setelah itu akan muncul tampilan kita masukkan name dan password yang telah di buat tadi...kemudian klik Ok...maka hotspot pun selesai.....

Cukup sekian..........semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment