Wednesday 13 January 2016

Instalasi Sistem Operasi Linux Mint

Hai semuanya..!artikel kali ini saya akan membahas mengenai Installasi Sistem operasi Linux mint. sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu Linux mint, ?
Linux Mint ialah sistem operasi Linux yang merupakan distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. (sumber
dari Wikipedia bahasa Indonesia)

Berikut ini adalah  langkah-langkah instalasi nya :
 1. Pertama siapkan Master / Bootable dalam bentuk Flashdisk atau CD/DVD atau yang lainnya.(kalo saya lebih mudah pakai Flashdisk), setelah itu RESTART Laptop atau komputer.

 2. Lalu masuk ke pengaturan BIOS(Dengan cara klik terus F2 hingga muncul pengaturannya, tergantung Laptop/ Komputer anda). Jika sudah masuk ke pengaturan silahkan setting pengaturan, jika sudah di setting kemudian di simpan.

 gambar : pengaturan BIOS
 3. akan muncul gambar awal instalasi Linux mint

 4. kemudian pilih STAR Linux Mint, klik Enter

 5. klik icon Linux mint yang berbentuk CD/DVD, maka instalasi akan dimulai

 6. Setelah itu akan muncul tampilan instalasi, pilih bahasa yang ingin digunakan(saran saya lebih baik memakai bahas inggris, karena lebih mudah)



 7. Maka akan muncul kelengkapan keperluan installasi Linux Mint seperti, Harddisk minimal 9GB, terhubung ke arus listrik, dan opsional terhubung ke internet. Setelah mendapati tampilan tersebut. klik Continue.


 8.  Apabila laptop/ Komputer anda masih baru dan belum ada data, bisa gunakan otomatis dengan pilihan “Erase disk and install Linux Mint” atau jika sobat ingin DUAL BOOT dengan Windows atau ingin kostumisasi kapasitas harddisk yang dibutuhkan maka saya sarankan pilih ”Something else” kemudian klik lagi Continue.

 9. Pilih partisi kosong yang akan di install Linux mint, saya asumsikan anda sudah menyediakan kapasitas kosong untuk keperluan install Linux Mint. (partisi ialah pembagian media penyimpanan) Kemudian pilih simbol plus “+” untuk mengolah menjadi beberapa partisi. Lalu Setting Partisi sesuai Kebutuhan anda, hingga selesai.




      Jika partisi sudah di setting, kemudian klik Install now.

 10. Muncul konfirmasi settingan bisa langsung klik continue.


 11. Setelah itu atur waktu berdasarkan Negara atau GMT.


 12. Kemudian pilih struktur keyboard. langsung saja continue karena umumnya menggunakan tipe English (US) atau jika berbeda silakan atur dengan layout keyboard laptop/ komputer yang anda punya. 


13. Langkah terakhir isi nama lengkap anda, nama laptop/ komputer yang anda pakai. Wajib isi username dan password anda karena setiap kita akan menginstall aplikasi maka anda akan ditanyakan password root nya karena itu bentuk kemanan yang Linux tawarkan. Jika sudah langsung klik Continue.

 14. setelah klik continue maka muncul tampilan proses loading instalasi, tunggu hingga selesai.





 15. Jika proses instalasi selesai maka akan ada peringatan, anda bisa pilih untuk merestart atau meng test hasil instalasi.



Itulah langkah-langkah menginstall Linux Mint..
Cukup sekian dan Terima kasih. Mohon maaf jika ada kesalahan..

SELAMAT MENCOBA..!!!GOOD LUCK

0 comments:

Post a Comment