Thursday 14 January 2016

Instalasi wine dan winbox di Linux Mint


Sebelum kita mempelajari Router alangkah baiknya kita Menginstall Wine kemudian Winbox....kalian tahu apakah yang di maksud dengan wine dan Winbox itu??mari kita ulas sedikit..
Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows

          Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib. Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine"(sumber dari Wikipedia bahasa Indonesia). Sedangkan Winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke server mikrotik kita dalam mode GUI. Jika untuk mengkonfigurasi mikrotik dalam text mode melalui PC itu sendiri, maka untuk mode GUI yang menggunakan winbox ini kita mengkonfigurasi mikrotik melalui komputer client.

LANGSUNG AJA NIH LANGKAH-LANGKAH NYA...!!!

1. Pertama masuk ke terminal dengan cara klik menu > cari Terminal atau dengan cara CTRL+ALT+T klik secara bersama.



2. Jika sudah masuk, kemudian ketikkan perintah "sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa" lalu Enter.


3. Lalu ketik kan perintah "sudo apt-get update"Lalu Enter. Tunggu karena dalam memg update membutuhkan waktu.
4. Setelah proses update selesai, sekarang install wine dengan ketik kan perintah "sudo apt-get install wine"Lalu Enter.

5. Jika proses instalasi wine sudah selesai, kemudian ketik kan perintah "wget http://www.mikrotik.com/download/winbox.exe" perintah ini guna untuk mendownload Winbox.
NB: Dalam instalasi maka laptop/PC anda harus terkoneksi dengan internet. 

6. Apabila proses Download sudah selesai, lalu kita install winbox yang baru kita download tadi dengan ketikkan perintah "wine winbox.exe" Lalu Enter. Jika instalasi sudah selesai maka akan muncul tampilan baru lalu klik Install.



Itulah, langkah-langkah instalasi wine dan winbox!!!Mohon maaf jika ada kesalahan.
Cukup Sekian dan Terima Kasih..! selamat mencoba....
GOOD LUCK

0 comments:

Post a Comment