Tuesday 26 January 2016

Instalasi Network Time Protocol(NTP) di Terminal

Hai, semuanya!
Kali ini saya akan Membahas mengenai Instalasi Network Protocol atau sering di sebut dengan istilah NTP...Yaitu sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja. sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data.
NTP merupakan salah satu tertua protokol internet masih digunakan (sejak sebelum 1985). NTP ini awalnya dirancang oleh Dave Mills dari University of Delaware, yang masih mempertahankan itu, bersama dengan tim relawan.

Cara kerja 

NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Komputer ini disebut juga stratum 1. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain dengan protokol NTP yang disebut stratum 2. Komputer dalam jaringan tersebut dapat menyinkronkan jaringan lain yang disebut stratum 3, dan seterusnya sampai stratum 16.

Langkah-langkahnya :

1. Pertama masuk ke terminal dengan cara klik menu > cari Terminal atau dengan cara CTRL+ALT+T klik secara bersama.

2. Jika sudah, kita masuk sebagai Super User lalu masukan sandi Laptop/ PC> Enter.
 
3. Kemudian Install terlebih dahulu paket ntp (server) dan ntpdate (client) ketikkan perintah "apt-get install ntp ntpdate" > Enter, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.
4. Setelah itu, kamu konfigurasi ntp nya dengan ketikkan perintah "nano /etc/ntp.conf" > Enter, maka akan muncul halaman baru, tetapi jika sudah di enter 
Di halaman baru tersebut, yang pertama kita lakukan adalah cari server 0.ubuntu.pool.ntp.org s/d server 3.ubuntu.pool.ntp.org
di sisi kiri atau depan tulisan server 0 s/d 3, kalian beri tanda/tambahkan tanda # 
Apabila sudah, ketikkan server 127.127.1.0 (letakan dibawahnya)

 5. Konfigurasi belum selesai pada halaman ini, kita cari baris
#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust
Jika sudah ketemu kita ganti menjadi
"restrict 192.168.137.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap", hilangkan tanda #

Jangan lupa kita simpan(save) dengan cara tekan tombol ctrl+x lalu y >Enter.

6. Kemudian restart ntp server dengan ketik kan perintah "service ntp restart" > Enter.

7. Sesudah itu cek ntp server dengan ketik kan perintah "ntpq -p" > Enter.

 Apabila sudah bernilai 0.000 atau 0.001 berarti sudah benar .

8. Lalu langkah berikutnya kita coba mengetes terlebih dahulu, melalui server debian, langsung ketik kan dengan perintah "ntpdate -u 127.0.0.1" > Enter.

  Akhirnya Instalasi NTP selesai...

NB : Apabila anda ingin meng install NTP di Server lewat terminal juga menggunakan perintah hampir sama dengan installasi di terminal PC, Tetapi terlebih dahulu anda harus meremote PC Server menggunakan SSH.

Cukup sekian dan Terima kasih...semoga bermanfaat..
Selamat mencoba...GOOD LUCK

0 comments:

Post a Comment