Tuesday 19 April 2016

Menambahkan Produk baru di Toko online Opencart

HI.! Pada kesempatan Selanjutnya saya akan sharing mengenai langkah-langkah Menambahkan Produk baru di Toko online Opencart, mungkin sebagian sobat sudah mengetahui langkahnya tapi tidak ada salahnya jika saya akan sharing tentang pengetahuan dasar ini untuk menambahkan Produk baru pada toko online opencart juga hampir sama menambahkan posting/artikel pada blog/wordpress. Langsung saja nihhh...

Langkah-langkahnya :
1. Seperti Biasa hal pertama kita masuk ke halaman Admin (Dashboard) dengan cara Login sebagai Admin di Opencart.

2. JIka kita sudah masuk ke Dashboard Opencart (Login sebagai Admin), kemudian kita pilih Menu Catalog > Products.



3. Apabila sudah di klik maka akan masuk ke tampilan Products yang berisi products-products yang ada pada website, seperti biasa untuk menambahkan dengan cara klik tambahkan (+).


4. Kemudian pada Tab General, isikan data-data yang sesuai mengenai Products yang ingin ditambahkan.


5. Selanjutnya Pada Tab Data, kita isikan beberapa hal yang penting seperti : Image = Gambar produk, Model, Price = Harga, Quantity = jumlah stok produk, Requires Shipping = Yes, Length class = panjang, Weight = berat, Weight Class = satuan berat bisa KG atau Ons, Status = Enabled.


6. Pada Tab LInk, silahkan pilih Manufacture dan categories yang sesuai dengan produk. (apabila anda belum menambahkan categories, silahkan buka link berikut http://mustofarobi.blogspot.co.id/2016/04/tutorial-membuat-categori-dalam-toko.html).


7. Lalu Pada Tab Options, isikan keterangan sesuai pilihan. Kemudian Jika kita ingin menambahkan Diskon kita klik Tab Discount, klik Tambahkan lalu isikan data-data yang sesuai antara lain Isikan Customer group (isi saja default), Quantity (1), Priority (1), Harga diskon (jika harga sebenarnya misal 50.000 maka tulis saja setelah di diskon misal jadi 40.000), date star dan date end diskon.

8. Selanjutnya apabila produk sobat ingin di tambahkan ke dalam produk Spesial, kita klik Tab Special lalu tambahkan dan isikan data-data yang sesuai hampir sama dengan data Discount.


Catatan : (Perbedaan Discount dan Special = jika kita memilih diskon harga yang sebenarnya tidak ditampilkan melainkan harga diskon yang ditampilkan, sedangkan spesial harga yang sebenarnya akan di Strikethrough /dicoret tengah).

9. Pada Tab Image, apabila anda ingin menambahkan gambar produk tambahan klik browse files lalu pilih gambar yang akan disimpan di komputer anda, ketik 1 di sort order, jika anda ingin menambahkan gambar produk lebih dari 1 maka klik add image, dan ulangi cara diatas.


10. Kemudian Pada Tab Reward Point, isikan beberapa point jika pelanggan akan membeli produk ini, maka isi dengan angka misal 100 atau angka lainnya.


11. Langkah berikutnya kita klik Tab Design, lalu pilih Layout yang sesuai dengan produk baru sobat.


12. Langkah Terakhir kita Simpan (Save) dan lihat hasilnya di Toko online opencart sobat.

Selesai....
Cukup sekian..semoga bermanfaat...
Mohon maaf jika ada Kesalahan...
GOOD LUCK...

0 comments:

Post a Comment