Wednesday 6 April 2016

Tutorial Menambahkan Mata uang Rupiah (Rp) di Opencart

Hai, Sobat Blogger! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Tutorial Menambahkan Mata uang Rupiah (Rp) di Toko online Opencart, Apabila sobat baru saja melakukan instalasi OPencart tentunya pada saat proses intalasi opencart tidak menjadikan mata uang rupiah (Rp) menjadi mata uang default dalam toko online Opencart, melainkan kita harus menambahkan sendiri mata uang rupaih (Rp) ke dalam website toko online kita dalam CMS Opencart disini saya akan jelaskan :

Langkah-langkahnya :
1. Pertama kita masuk ke halaman Admin dalam Opencart (Dashboard) dengan cara Login Sebagai Admin, seperti gambar berikut.


2. Apabila sudah masuk sebagai Admin dalam Dashboard lalu kita pilih menu System > Localization > Currencies, seperti gambar berikut.

3. Setelah itu akan muncul tampilan nama2 mata uang, misalnya Mata uang US Dollar (Default) pada bagian ini kita klik Tambahkan (+) untuk menambahkan mata uang Rupiah seperti gambar berikut.
4. Langkah berikutnya kita isi bagian-bagian data seperti gambar berikut.

  Keterangan :
  • Pada pilihan Currency Title = Rupiah
  • Code = IDR
  • Symbol Left = Rp
  • Value=1
  • Karena Rupiah akan dijadikan mata uang utama, terakhir Status = Enabled. 
 Kemudian klik tombol Save

5. Proses sudah selesai, apabila kita ingin menghapus Cuurrency yang tidak diinginkan/ tidak terpakai pada menu Currency kita pilih lalu cheklist pada mata uang yang ingin dihapus, lalu klik Delete.

CUkup sekian...SEmoga bermanfaat..
GOOD LUCK...

0 comments:

Post a Comment